|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Research Report » PGSD Posted by [email protected] at 25/08/2022 11:12:57 • 968 Views
LAPORAN AKHIR PROGRAM MANDIRI PENGABDIAN MASYARAKAT : PENGENALAN DAN PRAKTIK GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP IMTAQ DARURRAHIM JAKARTA (PERIODE PELAKSANAAN: MEI-JULI 2022)Created by :
Khusnul Fatonah, M. Pd. ( 0306049002 ) Nurul Febrianti, M.Pd. ; Fadia Noval Nur ; Mahatma Aditya Wijaya ; Lulu Azizah
Subject: | PERMAINAN EDUKASI ANDROID | Alt. Subject : | GAMES EDUCATION LEARNING MEDIA | Keyword: | MEDIA PEMBELAJARAN |
Description:
SMP Imtaq Darurrahim Jakarta merupakan sekolah milik yayasan yang terletak
di Jalan Pelajar No.19, RT.8/RW.9, Cakung Baru, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur,
DKI Jakarta 13910. Sekolah ini menjadi salah satu sasaran kegiatan Kampus Mengajar 3
tahun 2022 yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan
Teknologi (Kemendikbudristek). Meski sudah terakreditasi A, ada hal-hal tertentu yang
menjadi pertimbangan atas pemilihan sekolah sebagai lokasi kegiatan Kampus Mengajar
3. Hal-hal tersebut berkaitan dengan kegiatan literasi dan numerasi di sekolah, adaptasi
teknologi, dan administrasi.
Selain lokasinya yang masih terjangkau dengan universitas tim pengusul, sekolah
yang berdiri sejak tahun 2001 ini memiliki beberapa kendala yang terkait dengan kegiatan
belajar mengajar. Pemberlakuan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT)
mengharuskan guru-guru kembali mengasah keterampilan mengajarnya di depan kelas.
Hal ini bertujuan agar para siswa bersemangat dan tidak bosan dalam mengikuti
pembelajaran di kelas.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada pihak mitra, ditemukan
kendala- kendala yang dihadapi guru selama PTMT. Permasalahan tersebut berkaitan
dengan minimnya informasi atau terbatasnya pengetahuan yang dimiliki guru-guru terkait
dengan perkembangan teknologi pendidikan, khususnya penggunaan aplikasi-aplikasi
tertentu atau media pembelajaran yang dapat membantu proses KBM atau menghidupkan
atmosfer semangat belajar di kelas. Hal lain yang diharapkan dari para guru adalah
aplikasi-aplikasi atau media pembelajaran tersebut mudah diakses, diunduh, dan
digunakan, termasuk oleh siswa.
Solusi dari permasalahan tersebut adalah diperlukannya sebuah upaya untuk
meminimalisasikan kendala-kendala yang dihadapi pihak mitra. Salah satunya adalah
dengan memanfaatkan android sebagai sistem operasi berbasis Linux yang dirancang
beragam untuk perangkat-perangkat seperti telepon pintar (smartphone) dan komputer
tablet. Dalam konteks ini, tim pengusul memfokuskan beberapa contoh penggunaan game
edukasi, seperti Duolingo, Quick Brain, serta ProProfs Brain Games yang dapat diakses
melalui android dan website.Sejalan dengan hal tersebut, tim dosen beserta mahasiswa dari Univeristas Esa
Unggul berencana melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul Pengenalan dan Praktik Game Edukasi Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran di
SMP Imtaq Darurrahim Jakarta. Dalam kegiatan ini, tim pengusul akan menjelaskan
konsep dari game edukasi berbasis Android beserta cara-cara penggunaannya.
Abdimas yang dilaksanakan menggunakan metode observasi, presentasi, diskusi,
tanya jawab, dan praktik (simulasi). Pelaksanaan kegiatan ini mencakup tiga kegiatan
utama, yakni (1) sosialisasi dengan pihak mitra terkait masalah yang dihadapi selama
KBM, khususnya pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT), (2) pelaksanaan kegiatan
yang terdiri atas penjelasan konsep game edukasi berbasis android dan praktik
penerapannya. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dalam waktu 2.5 jam, serta (3)
evaluasi kegiatan. Target luaran dalam kegiatan ini berupa laporan kegiatan yang dimuat
pada repository Universitas Esa Unggul.
Hasil dari abdimas ini adalah guru-guru di SMP Imtaq Darurrahim memiliki
keterampilan dalam mengemas kegiatan pembelajaran secara menarik melalui game
edukasi berbasis android. Selain itu, para guru dapat mengonsep secara mandiri hal-hal
penting dari beberapa materi pelajaran ke dalam menu yang ada di aplikasi tersebut.
Date Create | : | 25/08/2022 | Type | : | Text | Format | : | pdf | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Research-16_0952 | Collection ID | : | 16_0952 |
Source : Laporan ABDIMAS, Juli 2022
Relation Collection: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2022 Perpustakaan Universitas Esa Unggul
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/laporan-akhir-program-mandiri-pengabdian-masyarakat--pengenalan-dan-praktik-game-edukasi-berbasis-android-sebagai-media-pembelajaran-di-smp-imtaq-darurrahim-jakarta--periode-pelaksanaan-meijuli-2022-26239.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Research-26239-16_0952.pdf - 3559 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
...No Files...
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 1
Total Visitor : 1970037
Hits Today : 10015
Total Hits : 155253805
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|